News  

LSM Fraksi NTB Demo Camat Madapangga

 

Bima, Lintasrakyatntbnews.com – LSM FRAKSI NTB menggelar sksi demonstrasi di depan Kantor Camat Madapangga, Rabu, 11 Mei 2022 pagi.

LSM berunjuk rasa karena menilai
proyek Pembangunan Rehabilitasi Irigasi Madapangga 1 dengan pagu anggaran Rp1. 458.944.000,00 oleh PT Sinar Jaya, tidak sesuai dengan spesifikasi dan anjuran teknis. Sebab, galian C menggunakan eksavator dan anehnya, sisa material batu kapur dimanfaatkan untuk bahan baku proyek.

Penggunaan material pada bidang konstruksi juga sangat penting. Pasalnya, tidak hanya dilihat dari segi fisik saja, tetapi juga tingkat kelayakan teknik dalam merancang sebuah bangunan.

Pembangunan irigasi harus menggunakan batu andesit. Pasalnya, beberapa faktor yang mempengaruhi penggunaannya dalam bidang konstruksi meliputi ukuran, bentuk, kekuatan, densitas, dan daya tahan.

LSM menemukan material batu yang digunakan adalah batu kapur hasil galian di sekitar lokasi proyek tersebut, sehingga pekerjaan dihentikan.

Dinas PUPR Kab.Bima harus memanggil pihak pelaksana yang lalai dalam pekerjaan proyek miliaran rupiah anggaran negara itu. Juga menghentikan pekerjaan sejenak untuk mereview kembali kondisi lapangan.

LSM meminta pihak pelaksana untuk mengindahkan sejumlah tuntutan dalam aksi ini yakni memediasi kelompok masyarakat lokal (serap aspirasi), menyepakati harga upah minimum pekerja yang manusiawi agar masyarakat lokal bisa bekerja di lokasi proyek.

Tidak hanya itu, pelaksana
menolak adanya buruh migran (BURUH Asal Sumba NTT) yang dipekerjakan oleh pihak pelaksana proyek, pekerjaan proyek wajib menggunakan bahan baku lokal yang berkualitas tinggi (batu andesit), dan memberikan peluang masyarakat lokal untuk mensuplay bahan baku lokal sesuai harga pengadaan barang dan jasa.

“Kami bukan mengancam dan jika tuntutan kami tidak segera mengindahkannya, maka aktivitas proyek itu tidak akan bisa jalan,” pungkas Oyank sapaan akrabnya.

Camat Madapangga dan jajarannya merespons aksi LSM, setelah menerima aspirasi tersebut, bergeser di lokasi pekerjaan proyek untuk meninjau langsung kondisi terkini pekerjaan proyek yang dinilai bermasalah. (Irfan)

error: Content is protected !!