Jateng  

Babinsa Koramil 04/Bawang Berikan Materi Tali Temali Saka Wira Kartika  

BATANG – LINTASRAKYATNTBNEWS.COM, Puluhan orang anggota Saka Wira Kartika Koramil 04/Bawang Kodim 0736/Batang pagi ini menerima materi Tali Temali dari Instruktur Sakawira  Kartika Serda Murdiyanto di Area Koramil 04/Bawang, Selasa (12/22) pagi.

Peserta menerima materi pionering atau tali temali yang diawali dengan praktek membuat Gapura Pramuka, dimana pada praktek ini dengan menggunakan simpul mati, simpul pangkal dan simpul jangkar. Banyak sekali kegunaan simpul maupun ikatan ini dalam kehidupan kita sehari – hari.

”Jika dalam kondisi di lapangan tidak membawa tali pramuka maka pembuatan gapura bisa menggunakan tumbuhan yang merambat, rotan atau akar yang menggantung”, jelas Serda Murdiyanto selaku Instruktur Saka Wira Kartika kepada anak-anak.

” Latihan tali temali ini akan terus ditingkatkan hingga dapat membuat pioneering perlengkapan perkemahan. Disini kita ajarkan tentang perbedaan tali, simpul dan ikatan. Karena tak jarang orang mencampur adukkan ketiganya dan anak anak sulit membedakan,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama Danramil 04/Bawang Letda Inf Absori mengatakan “Kegiatan latihan Saka Wira Kartika dilaksanakan rutin guna membekali anggota Saka Wira Kartika Bawang, berbagai ketrampilan harus dimiliki anggota Saka Wira Kartika sehingga diharapkan dapat berkompotisi dengan parmuka yang lain apabila diadakan perlombaan,” Danramil.

Pemberian materi kali ini dengan tujuan memberi informasi, ilmu baru, dan mengasah keterampilan anggota Pramuka Saka Wira Kartika dalam membuat sebuah model suatu objek sederhana yang nantinya dapat diaplikasikan dikehidupan nyata pada saat dan sesudah kegiatan kepramukaan.

“Latihan kali ini kita fokuskan ke materi pioneering, disamping materi-materi lainnya, seperti PBB dan pembentukan jiwa kepemimpinan dilapangan serta masih banyal lagi pelatihan yang lain,” ujar Danramil.

Ahmad Nasirin

( Pen-0736 )

error: Content is protected !!