News  

DPD LPK-RI Gorontalo Audiensi, Ketua PN Apresiasi dan Siap Bersinergi

DPD LPK- RI Gorontalo saat audiensi dengan Pengadilan Negeri Gorontalo Kelas IA di Ruang Pengadilan setempat. (Foto : IST)

Gorontalo, Lintasrakyatntbnews.com  -Ketua Lembaga Perlindungan Konsumen Republik Indonesia (LPK-RI) Gorontalo Hartono Zain beserta rombongan audiensi sekaligus silaturahmi dengan Ketua Pengadilan Negeri Gorontalo Kelas I A Rendra Yozar Dharma Putra di ruang sidang Pengadilan Negeri Gorontalo, Kamis (7/4/2022).

Hartono Zain mengatakan, pertemuan tersebut bertujuan membangun sinergitas antara LPK- RI dan Pengadilan Negeri setempat. Pada agenda itu, LPK- RI sekadar perkenalan kinerja yang baru yakni kinerja tahun 2022 dan Ketua Pengadilan pun sangat mengapresiasinya.

“Ketua Pengadilan Negeri mengapresiasi atas antusias DPD lembaga ini yang siap bekerja sama dalam hal memberikan pelayanan hukum bagi masyarakat di Gorontalo.

“Audiensi dan silaturahmi ini adalah untuk menyampaikan kesiapan saat bersidang mendukung langkah Ketua PN Gorontalo guna untuk meningkatkan pelayanan hukum kepada masyarakat Gorontalo,” kata Hartono

Hartono juga menyampaikan informasi regulasi-regulasi UU Perlindungan Konsumen yang diatur dalam UU No 8 Tahun 1999 atau Undang Undang Perlindungan Konsumen (“UUPK”). Terkaitnya mulai sah diberlakukan khususnya terkait upaya hukum keberatan terhadap putusan Undang-undang ini mengatur secara rinci tentang pemberian perlindungan kepada konsumen dalam rangka pemenuhan kebutuhannya sebagai konsumen. Cakupan hukum yang diberlakukan.

“Dari pertemuan ini, diharapkan komunikasi dan koordinasi ke depannya dapat terjalin dan berkolaborasi dengan baik antara DPD LPK dengan PN Gorontalo tercinta ini,” harap Hartono.

Hartono juga menyampaikan inti dari gugatannya adalah terkait pencantuman klausula baku yang dilarang undang-undang untuk dicantumkan di setiap perjanjian kontrak. Bila larangan ini dicantumkan, maka debitur akan sangat dirugikan.

Oleh karena itu, tambah dia, pihaknya LPK-RI akan terus mensosialisasikan undang-undang perlindungan konsumen.

“Kami akan melakukan segala upaya yang menjamin kepastian hukum yang tepat untuk memberi perlindungan kepada konsumen agar tidak diperlakukan semena-mena lagi,” terang Hartono.

Dia menegaskan bahwa untuk para konsumen yang merasa hak-haknya dirugikan di antaranya mulai BPJS pendidikan, pemutusan PLN secara sepihak, aset yang dilelang perbankan dll, bisa mengadukan ke kantor LPK-RI DPD Gorontalo.

“Kami akan daftarkan perkaranya langsung di Pengadilan Negeri Gorontalo dan didampingi para pengacara kami, Semoga silaturahim yang telah terjalin baik antara Pengadilan Negeri Gorontalo dengan DPD LPK-RI Gorontalo dapat terus ditingkatkan di masa yang akan datang,” pungkas Hartono. (Riska Nanda)

error: Content is protected !!