Pemuda Mpolo : Rabat Beton Jalan Tani Desa Mbuju Tidak Sesuai Volume

Foto : Papan kegiatan pembangunan jalan (Foto  IST)

Dompu, Lintasrakyatntbnews.com – Seorang pemuda Dusun Mpolo, Desa Mbuju, Kecamatan Kilo, Kabupaten Dompu, Arif menilai pembangunan infrastruktur desanya yang dilaksanakan pemerintah desa dengan anggaran dana desa (DDS) tahun 2021 saat ini belum maksimal.

Penilaian tersebut muncul karena merujuk pada papan informasi kegiatan  pengecoran rabat beton jalan tani di desa setempat sepanjang 235 meter, namun nyatanya yang dikerjakan pemdes hanya sekitar 130 meter (tidak sesuai volume) dengan total anggaran Rp210 juta.

“Kami menilai pembangunan belum maksimal. Terlebih, kami menduga ada terjadi mark up anggaran,” ungkap Arif kepada wartawan, Rabu (30/3/2022) pagi.

Dugaan pun kuat jika dilihat tidak ada kejelasannya pemdes dan selalu menyembunyikan persoalan pembangunan jalan tersebut.

“Saya sebagai representatif pemuda dusun ini meminta pemdes segera selesaikan fisik dana desa ini secara maksimal dan sebelum melewati 31 Maret,” tegasnya.

Menyoal tidak adanya kejelasannya pemdes, itu tidak hanya fisik jalan ini saja, tapi juga tidak adanya Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintah Desa (LKPPD) akhir tahun anggaran atau paling lambat tiga bulan setelah akhir tahun anggaran, itu disampaikan di hadapan sidang BPD.

“Itu buktinya bahwa pemdes tidak transparan dalam mengelola dana desa, dan BPD harus mengambil sikap,” pungkas Aris.

Pihak Pemdes pun BPD Mbuju belum dikonfirmasi dan atas berita tersebut masih dibutuhkan informasi. (Mori)

error: Content is protected !!