Hukrim  

Seorang WNA China Ditangkap Polairud Polda NTB

Foto : Warga negara asing asal China ditangkap Polairud Polda NTB (Foto : IST)

Dompu, Lintasrakyatntbnews.com –Seorang warga negara asing (WNA) asal China Li Chunku I ditangkap Subdit Polairud Polda NTB dibackup Polres Dompu di sebuah gudang pengumpulan, pembelian, dan pemasaran hasil perikanan berupa ubur-ubur di Dusun Kesi, Desa Tolokalo, Kecamatan Kempo, Kabupaten Dompu, Jumat (25/3/2022) pukul 09.00 WITA.

WNA Li Chunku I tersebut ditangkap karena diduga tidak memiliki dokumen sah dalam membudidaya ubur- ubur.

“Li Chunku I tidak mengantongi izin dari Dinas Perikanan dan aktivitasnya ilegal,” ungkap Kasi Humas Polres Dompu Akhmad Marzuki.

Berawal, berdasarkan laporan informasi nomor: R/LI/1/III/PP.2.1/2022/DITPOLAIRUD POLDA NTB, 23 Maret 2022. Dalam isi laporan tersebut, ada gudang yang dicurigai mengumpul, membeli, dan memasarkan ubur-ubur di lokasi tersebut.

Dari hasil pemeriksaan ditemukan barang bukti lima petak berisi satu petak 1.750 kilogram sehingga totalnya 8.750 kilogram tanpa memiliki izin usaha perikanan.

WNA ini diduga telah melakukan tindak pidana di bidang perikanan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 26 ayat (1) Jo Pasal 92 Undang-undang RI Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

“Sehingga barang bukti ubur-ubur dan Li Chunku I langsung dibawa oleh tim untuk amankan ke Mako Dit Polairud Polda NTB,” jelas Akhmad. (Bustanul AR)

 

error: Content is protected !!