Seorang Warga Woro Berinisial HI Wajib Lapor, Ini Harapan KPH Marowa

Foto : KPH Marowa Sirajudin (Foto : IST)

Bima, Lintasrakyatntbnews.com – Seorang warga Desa Woro berinisial HI yang ditangkap dan diamankan tim Balai KPH Madapangga Rompu Waworada lantaran diduga menebang pohon tanpa izin di so Sambi Ompu Boto, Desa Woro, Selasa (1/3/2022) sekitar pukul 13.00 WITA siang kemarin telah dikeluarkan.

“Ya, terduga pelakunya diterapkan restorative justice atau penyelesaian secara pendekatan integral dengan berbagai pertimbangan,” kata Kepala KPH Marowa Sirajudin kepada wartawan, Jumat (4/3) sore tadi.

Menurut dia, terduga pelaku sudah dibina agar tidak mengulangi lagi tindakan serupa. Pihak KPH ke depankan dulu restorative justice dan tidak harus penegakan hukum langsung.

“Ya, karena yang bersangkutan sudah mengakui dan tidak akan mengulangi tindakannya sehingga itulah menjadi pertimbangan kami,” ungkap Sirajudin.

Selain itu, kata dia, pertimbangan juga karena terduga pelaku adalah tulang punggung keluarga. Terlebih lagi, istrinya hamil dan anaknya masih sekolah.

“Kita sudah pertimbangkan semua itu dan terduga pelaku tetap dalam pengawasan kami,” jelas Sirajudin.

Kendatipun terduga dalam pengawasan, tambah dia, penyelidikan tetap berlanjut.

“Ya, yang bersangkutan wajib lapor setiap minggu. Kami berharap kejadian HI ini yang terakhir, agar menjadi pelajaran buat semuanya dan agar tidak ada lagi yang merusak hutan sebagai hajat hidup orang banyak,” pungkas Sirajudin. (Muhtar Habe)

error: Content is protected !!