News  

Gembleng Jiwa Kepemimpinan, SMP Negeri 1 Sanggar Rutin Gelar LDK

Bima, Lintasrakyatntbnews.com – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Sanggar menggelar Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) baru- baru ini. Kegiatan rutin digelar setiap Kamis sore.

LDK bertajuk “Membangun jiwa kepemimpinan yang berkarakter pada generasi milenial” dipimpin Kepala Sekolah setempat melibatkan 40 siswa- siswi anggota pengurus Organisasi Sekolah Intra Sekolah (Osis) yang baru tahun pelajaran 2022/2023.

Kepala Sekolah, Abdul Kamil menggembleng siswa dengan sejumlah materi LKD yakni pengertian kepemimpinan, fungsi kepemimpinan, dimensi moral kepemimpinan, kepemimpinan yang efektif, karakter kepemimpinan yang Islam, dan kepemimpinan.

 

Abdul Kamil menguraikan lima pengertian dalam kepemimpinan. Pertama, suatu proses pengarahan dan pemberian pengaruh pada kegiatan- kegiatan dari sekelompok anggota yang saling berhubungan. Kedua, orang lain, bahalwan, atau pengikut. Ketiga, pembagian kekuasaan; para pemimpin dan anggota. Keempat, selain memberikan kepada bawahan atau pengikut, pemimpin juga dapat menggunakan pengaruh. Kelima, kepemimpinan merupakan kemampuan yang dipunyai seseorang untuk mempengaruhi orang lain agar bekerja mencapai tujuan dan sasaran.

Pengertian kepemimpinan yang efektif, kata dia, adalah menciptakan wawasan untuk masa depan, mengembangkan strategi yang rasional untuk menuju ke arah wawasan tersebut, dan memberi motivasi yang kuat kepada kelompok inti dan seluruh anggota untuk mencapai tujuan organisasi.

Pengertian karakter kepemipinan yang Islam, sambung dia, adalah tahu ke mana harus diarahkan, kuasa waktu dan jangan biarkan waktu mengontrol Anda, mengarah pada hasil yang konkrit, dan membangun kekuatan bukan kelemahan, termasuk diri Anda dan sahabat Anda, akui kelebihan orang lain tanpa merasa kedudukan Anda terancam.

Terakhir, tambah dia, kepemimpinan yakni membangun kerjasama TEAM dalam berorganisasi dan TEM (Together-Everyone-Achives-More). Dalam struktur organisasi dibutuhkan tem yang solid untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan organisasi.

“Ya, anak- anak mesti pahami dengan baik dan benar materi diajarkan ini, dengan dibekali sejumlah materi ini, maka anak-anak tentu akan mampu menjadi leader dalam organisasi sesuai ekspetasi bersama,” harap Dae Kamil sapaan akrabnya.

Sementara itu, Guru Pembina Osisnya, Sri Sukawati mengatakan, kegiatan rutin digelar ini untuk menanamkan jiwa  kepemimpinan, kedisplinan, kemandirian, dan keteladan terhadap pengurus yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan Osis dari sekolah yang bersangkutan.

“Sehingga dengan digembleng melalui LDK, pengurus dapat memimpin organisasi secara profesional,” kata Sri Sukawati, Rabu.

Sri menjelaskan, LDK tidak hanya digembleng tentang materi saja, tetapi juga melatih cara mengimplementasikan dalam membangun relasi dengan teman-teman, kakak kelas, guru, juga dengan masyarakat dan pemerintah.

“Jadi, LDK bukan hanya menjadi pemimpin saja, tetapi melatih kepribadian yang baik di mata orang lain,” jelasnya

Menurut dia, setelah mengikuti LDK, tentu banyak manfaat yang mereka rasakan. Mereka ditantang untuk tidak hanya menjadi seorang pemimpin bagi masyarakat, tetapi melatih untuk menjadi pribadi yang memiliki tanggung jawab.

“Ya, selain memiliki tanggung jawab, juga kesiapan mental untuk menghadapi segala kesulitan yang akan dihadapinya kapan dan di mana pun saatnya tiba,” ujarnya.

Sosok guru yang lugas dan komunikatif itu menambahkan, LDK juga tidak hanya sebagai sarana kegiatan semata. Namun, agar siswa mampu menjadi personal yang memiliki integritas dan menjadi seorang yang disiplin dalam bekerja.

“Ya, itu semua sangat berguna untuk cita – cita mereka menjadi seorang generasi harapan masyarakat, bangsa dan negara kelak,” pungkas Indi sapaan akrabnya. (Habe)

error: Content is protected !!