Banyak Manfaat, Ini Daftar Kerjasama Pemprov NTB – Bima – Dompu

Mataram, Lintasrakyatntbnews.com- Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Kominfotik) Provinsi NTB melakukan kunjungan kerja ke pemerintah Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu, Kamis (20/01/22).

Kunjungan kerja kali ini untuk memperkuat kolaborasi program pengelolaan berbasis teknologi informasi melalui penandatanganan MOU antara gubernur NTB dengan bupati wali kota se-NTB.

Kemudian diperkuat dengan perjanjian kerja sama (PKS) antara Dinas Kominfotik NTB dengan Dinas Kominfotik di seluruh kabupaten dan kota.

Program pengelolaan teknologi informasi tersebut di antaranya, sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE), desiminasi informasi, program-program pembangunan daerah, pengelolaan data dan informasi pembangunan daerah terintegrasi dalam NTB Satu Data, serta sinergi bersama pengelolaan pengaduan pelayanan publik memalui aplikasi NTB Care.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini diawali dengan penandatanganan MoU oleh Wali Kota Bima Muhammad Lutfi di Kota Bima. Kemudian oleh Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri di Ruang Kerja Bupati Bima.

Penandatanganan MoU didampingi Kepala Dinas Kominfotik NTB, Najamuddin Amy.

Penandatanganan MoU juga diperkuat melalui PKS antara Dinas Kominfotik NTB dengan Dinas Kominfotik Kota Bima dan Kabupaten Bima.

“Kami akan terus mendorong seluruh OPD lingkup Pemkot Bima. Ya, untuk memperkuat kolaborasi bagaimana mensukseskan program-program pembangunan NTB gemilang yang berbasis teknologi informasi,” tegas Wali Kota Bima usai penandatanganan MoU.

Dia menjelaskan, misalnya program pemerintah provinsi seperti aplikasi NTB Care menjadi layanan yang diintegrasikan dengan command center pemerintah Kota Bima.

“Ya, agar bagaiamana mengakomodir dan memberikan solusi kepada masyarakat Kota Bima yang menyampaikan aduan dan keluhannya melalui NTB Care,” jelas wali kota.

Dalam kesempatan yang lain, Bupati Bima Indah Dhamayanti Putri mengapresiasi atas bantuan Dinas Kominfotik NTB, terkait penanganan area blank spot di beberapa wilayah di Kabupaten Bima.

“Sehingga kebutuhan dasar masyarakat akan jaringan internet bisa terwujud dengan baik,” kata Bupati Bima.

Selain itu, Dinda sapaan akrabnya juga berterima kasih atas respon cepat dari Tim NTB Care atas aduan-aduan. Baik itu kesehatan, ekonomi, maupun infrastruktur yang disampaikan oleh masyarakatnya melalui NTB Care.

“Sehingga koordinasi pemerintah provinsi dengan Kabupaten Bima berjalan dengan baik dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ungkap Dinda usai menandatangani MoU.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfotik NTB Najamuddin Amy mengungkapkan, kunjungan kerja ini sekaligus membicarakan beberapa evaluasi dan rencana memaksimalkan kolaborasi dan sinergitas antara Dinas Kominfotik Provinsi dengan Kabupaten dan Kota sebagai leading sektor pengelolaan program berbasis teknologi informasi.

Menurut seorang gelar doktor itu, program NTB Care dan NTB 1 adalah dua aplikasi yang memilki kematangan inovasi sangat baik dalam penilaian indeks inovasi daerah (IID) 2021 kemarin.

Keduanya melengkapi 62 inovasi berbasis aplikasi digital dari 82 inovasi pelayanan publik Pemprov NTB yang disertakan dalam Innovation Government Award (IGA) 2021. Kinerja ini mengantarkan NTB sebagai provinsi terinovatif 2021 bersama lima provinsi lainnya.

Misalnya, aplikasi NTB Care yang sudah memasuki tahapan ketiga yaitu mature system (tahapan tindak lanjut) sehingga kehadiran tim juga harus melakukan koordinasi dan action monitoring di kab/kota.

Mengenalkan Tim NTB Care kepada jajaran kab kota juga upaya sinergi dan kolaborasi agar tim kab kota bisa progresif dan proaktif bersama hadir di tengah masyarakat dan memberi solusi.

“Begitu juga dengan beberapa aplikasi di provinsi yang bisa dimanfaatkan oleh kabupaten kota dalam memberikan layanan terbaik kepada masyarakat,” jelasnya.

Mantan Ketua KI NTB itu menjelaskan, gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah harus juga memastikan bahwa koordinasi berjalan dan menjadi orkestra pelayanan publik yang mampu diakselalerasikan bersama.

Kebiasaan Gubernur NTB menyapa warga di desa, kampung dan dusun serta menyambangi para kepala daerah di kab kota menjadi contoh baik dalam implementasi koordinasi antar pemerintah daerah.

“Sehingga koordinasi antar provinsi dan kabupaten kota untuk membangun daerah dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat berjalan dengan efektif. Bahkan, gubernur meminta semua jajaran OPD untuk tidak menganggap bahwa itu urusan kabupaten kota lain jika ada masyarakat yang menyampaikan aduan kepada pemerintah provinsi,” tambahnya.

Seusai itu, rombongan Dinas Kominfotik melanjutkan kunjungan kerja ke pemerintah Kabupaten Dompu. Kunjungan tersebut langsung disambut Sekda Gatot Gunawan Perantauan Putra bersama jajarannya.

Banyak hal yang dibicarakan terutama terkait NTB Satu Data yang ingin diadopsi oleh pemerintah Dompu dalam menyiapkan berbagai kebutuhan data dan akses data yang mudah bagi masyarakat.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Dinas Kominfotik didampingi oleh Tim NTB Care Bidang Sandi, Tim PPID Bidang IKP, Tim SPBE Bidang PTIK dan Tim NTB Satu Data Bidang Statistik. (Diskominfotik)

error: Content is protected !!