News  

Polres Lombok Tengah Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Rinjani 2021

Lombok, Lintasrakyatntbnews.com – Polres Lombok Tengah melaksanakan apel gelar pasukan Ops Lilin Rinjani 2021 di Lapangan Mapolres, Kamis (23/12) pagi.

Kapolres Hery Indra Cahyono menyatakan apel dilakukan dalam rangka pengamanan Natal tahun 2021 dan tahun baru 2022.

Turut dihadiri Wakil Bupati, Kasdim 1620/ Lombok Tengah, Wakil Ketua DPRD Lombok Tengah, Kakan Kemenag Lombok Tengah yang diwakili Kepala KUA Kecamatan Praya, Kepala FKUB Lombok Tengah, Kasat Pol PP Lombok Tengah, PJU Polres Lombok Tengah dan Kapolsek jajaran Polres Lombok Tengah.

Peserta apel pasukan yang terdiri dari 1 Peleton Personil Kodim 1620/Lombok Tengah,1 Peleton personil Brimob Polda NTB,1 Peleton anggota Sat Sabhara,1 Peleton personil Sat Lantas, 1 Peleton anggota Gabungan Sat Reskrim dan Sat Intelkam, 1 Peleton personil Sat Pol PP Kabupaten Lombok Tengah dan 1 Peleton personil Dinas Perhubungan Kabupaten Lombok Tengah.

Berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, terdapat beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus diantisipasi antara lain, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, balap liar, penyalahgunaan narkoba.

Selain itu, juga pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, kerumunan masyarakat yang berpotensi menyebabkan penularan Covid-19, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan.

Operasi Lilin-2021 harus dilaksanakan secara optimal, agar kejahatan dan gangguan kamtibmas sekecil apapun harus kita cegah dan diantisipasi.

Ketika operasi ini berhasil, masyarakat dapat melaksanakan aktivitas ibadah Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman, baik dari gangguan kamtibmas maupun dari bahaya Covid-19.

Tidak hanya itu, event-event nasional dan internasional pun dapat berjalan dengan baik.

“Untuk itu dilaksanakan operasi ini dengan penuh rasa tanggung jawab dengan dukungan penuh masyarakat,” ujarnya.

Kapolres menjelaskan ada beberapa hal yang harus dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi Lilin-2021.

Jaga stamina dan kesehatan mental, lakukan deteksi dini terhadap dinamika dan fenomena yang berkembang, sehingga dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang prediktif, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di manapun dan kapanpun.

Selaiinya, lengkapi sarana dan prasarana di pospam dan posyandu, mulai dari tempat isolasi sementara, aplikasi peduli lindungi, gerai vaksinasi, pos pelayanan kesehatan, pengecekan swab antigen, panel data informasi, dan inovasi pelayanan lainnya.

Dorong para pengelola tempat wisata, pusat perbelanjaan, dan tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan untuk memasang dan menerapkan aplikasi Peduli Lindungi.

Dan kawal dan awasi betul aktivitas masyarakat di titik-titik obyek vital dengan mengedepankan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan) serta mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat serta satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

Setelah apel berakhir dilanjutkan dengan pemberian piagam penghargaan kepada satuan kerja berprestasi dalam membantu percepatan laju vaksinasi di wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

Penyerahan piagam penghargaan oleh Wakil Bupati Lombok Tengah , Kapolres Lombok Tengah, dan Kasdim kepada satuan kerja berprestasi yaitu Kapolsek Batukliang Utara Sri Bagyo, Kapolsek Praya Barat Hery Indrayanto, dan Kapolsek Praya Timur Sayum. (**)

 

error: Content is protected !!