News  

Tim Vaksinator Puskesmas Madapangga Genjot Vaksinasi Warga Woro, Camat : Capaian Baru 47 Persen

BIMA, LINTASRAKYATNTBNews.com – Tim Vaksinator Puskesmas Madapangga kembali memberikan vaksinasi COVID-19 tahap 1 terhadap warga masyarakat Desa Woro, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat di aula kantor desa setempat pada Senin, 15 November 2021 pagi.

Pemberian dosis vaksin sinovac tahap 1 kembali dilakukan hari ini, karena selain untuk memenuhi capaian target 50 persen yang telah ditentukan Pemerintah Daerah melalui kebijakannya di dalam pengendalian pandemi COVID-19, juga agar memastikan berapa jumlah akumulasi warga yang sudah divaksin.

“Ya, dari sebelum hingga vaksinasi berlangsung ini baru 47 persen dan mudah-mudahan bisa tembus 3 atau 4 persen agar target 50 persen tercapai,” kata Camat Madapangga Moh. Saleh saat diwawancarai Lintasrakyatntbnews.com di sela-sela mengawasi kegiatan vaksinasi itu.

Memang benar bagi warga yang tidak melakukan vaksinasi diberikan sanksi sosial seperti menyuruh hafal Pancasila, Push up, disuruh pakai masker, dan sanksi sosial lainnya. Sementara untuk sanksi denda berupa nilai rupiah belum diterapkan pemerintah dengan segala pertimbangannya.

Terkait bantuan sosial seperti PKH, non PKH, BLT dan lain-lain tetap disalurkan, kecuali untuk pencairan gaji aparatur desa yang memang masih ditahan oleh pemerintah daerah selama desa belum memenuhi target vaksinasi 50 persen itu.

Jika dilihat dalam regulasi Perpres Nomor 41 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), memang pemerintah sudah menegaskan memberi sanksi dan denda bagi warga tidak melakukan vaksinasi. Namun, implementasinya masih menjadi pertimbangan.

“Kami berharap warga secara sadar dan tanpa ditekan segera mengikuti vaksinasi karena itu demi kesehatan masing-masing dalam penyebaran COVID-19 yang belum berakhir ini,” terangnya.

Harapan juga, semua elemen dan komponen untuk ikut andil di dalam mendukung program vaksinasi telah diterapkan pemerintah ini, mengingat ini bukan bencana non alam berskala nasional, tapi dunia.

“Mudah-mudahan dengan tuntas kita lakukan vaksinasi, pandemi COVID-19 bisa cepat berlalu,” pungkasnya.

Terpisah, Bupati Bima Indah Dhamyanti Putri yang dikonfirmasi untuk meminta tanggapan terkait regulasi sanksi bagi warga yang tidak melakukan vaksinasi melalui pesan WhatsApp belum membacanya.

Proses vaksinasi yang difasilitasi Pemerintah Desa Woro didampingi Babinsa Serda Heri Yanto, Kanit Binmas Brigadir Muhidin, Bhabinkamtibmas Bripda Agus Supriyadin dan Satpol PP berjalan aman, lancar dan tertib.(Habe)

 

 

error: Content is protected !!