Bupati Morowali Gelontor 25,2 Milar Dana Modal Usaha BUM Desa

  • Bagikan

MOROWALI, LINTASRAKYATNTNews.com – Bupati Morowali gelontorkan 25,2 miliar Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) kepada 126 BUM Desa yang ada di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah tahun 2021.

Informasi tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Kerjasama Pengembangan Usaha dan Pembinaan Dinas Pemerintah Desa Kabupaten Morowali Rastam Mahi ke awak media ini di ruangan kerjanya pada Rabu (13/10/2021) pagi.

Rastam mengatakan, bupati telah siapkan dana itu untuk mendorong laju perekonomian masyarakat melalui usaha BUM Desa.

“Ya, sesuai visi misi bupati dan wabup “SEJAHTRA BERSAMA” dan patut kita apresiasi,” kata Rastam..

Peruntukannya, sambung dia, sesuai hasil Musyawarah Pembangunan Desa (MusrembagDes) dengan seluruh stakeholder terkait di desa.

“Ya, jenis usahanya tergantung hasil musyawarah desa dan tuangkan dalam dokumen Peraturan Desa tentang BUM Desa serta Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ ART) BUM Desa masing-masing. Pemda sifatnya realisasikan dan awasi pengelolaannya,” ujarnya.

Dia menyebut, kalau sifatnya simpan pinjam, berarti masyarakat bisa usulkan meminjam uang ini melalui BUM Desa yang telah mendapatkan bantuan 200 juta ini.

“Ya, nanti BUM Desa yang kelola untuk modal usaha masyarakat,” sebutnya.

Rastam jelaskan, bupati dan wabup tidak hanya beri harapan palsu pada masyarakat, namun benar- benar dorong pertumbuhan ekonomi masyarakat. Ya, salah satunya melalui Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa).

“Ya, rasa tanggung jawab atas komitmen dua sosok pemimpin kita ini terbukti sekali. Sejak bulan Juli lalu, program ini sudah mulai berjalan. Sekitar 20 desa telah ditransferkan ke rekening masing-masing. Itu diinstruksikan langsung oleh bupati dan wabup,” jelasnya.

Rastam mengimbau, para pengurus BUM Desa segera masukan proposalnya agar pencairan bantuan bisa rampung dan minimal sudah 50% berhasil tersalurkan tahun ini.

“Bupati sudah tegaskan ke kita untuk slesaikan bantuan ini di tahun ini juga. Proposal ada syarat administratif segera diselesaikan agar bantuan dapat direalisasikan melalui rekening BUM Desa itu sendiri,” imbaunya.

Dia juga berharap, para pengurus BUM Desa percepat pengurusan, musrembangnya dan syaratnya agar pemda bisa tindaklanjuti ke bagian keuangan.

“Saya harap agar para pengurus BUM Desa slesaikan persyaratan pencairan bantuannya,” pungkas Rastam.

Terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Morowali Alamsyah mengatakan, pihaknya sudah siap. Anggarannya sudah siap, dan tunggu pengajuan dari dinas pemdes.

“Kapan masuk pengajuannya? Agar kita lansung transferkan ke rekening desa masing-masing,” katanya.

Dia menambahkan, kepada pengurus BUM Desa agar mengelola dana ini dengan sebaik-baiknya demi kemaslahatan masyarkat Morowali. Agar misi bupati dan wakil bupati ” SEJAHTERA BERSAMA” ini berjalan sukses.

“Misi itulah tagline kami guna mewujudkan masyarakat Morowali yang mandiri dan sejahtra.” harapnya.

Terakhir, tambah dia, soal total anggaran yang disiapkan untuk menbantu perekonomian masyarakat desa melalui BUM Desa sebesar 25, 2 miliar.

“Ya, pagu ini sudah ada di kas daerah untuk disalurkan tahun ini,” tutup Alamsyah. (Iwan)

  • Bagikan