News  

Tradisi Ndiha Nanga Desa Doropeti Sebagai Rasa Syukur dan Doa Bersama

DOMPU, LINTASRAKYATNTBNews.com-Sudah menjadi tradisi di desa Doropeti,Kecamatan Pekat,Kabupaten Dompu,Nusa Tenggara Barat yaitu acara Ndiha Nanga yang merupakan ungkapan rasa syukur warga,dengan tasyakuran(selamatan) yang disertai doa bersama.

Acara ini sudah menjadi tradisi atau adat istiadat warga Desa Doropeti pada setiap tahunnya dilakukan sehabis panen maupun akhir tahun. Kali ini acara tersebut berlangsung  di Doropeti, Minggu (10/10/2021) sekitar pukul 10.00 WITA siang.

Hadir dalam acara tersebut sesepuh dan tokoh desa Doropeti, yaitu H Muhammad, M.Ali, Juraid,Arba, Sukur, Jamal, Saidin dan Muhtar.

H Muhammad selaku sesepuh Desa Doropati di hadapan awak media ini mengatakan, acara Ndiha Nanga ini merupakan adat — istiadat yang sudah berlangsung turun–temurun.

“Ndiha Nanga di Doropeti ini merupakan acara yang sudah menjadi tradisi warga,yang kira–kira dimulai sejak tahun 1815 Masehi,” ungkapnya.

“Hal ini dimaksudkan ungkapan rasa syukur pada Allah SWT, dan doa selamatan bersama juga sarana silaturahim antar warga masyarakat,” sambungnya.

Dia juga menambahkan, kegiatan ini juga untuk mengenang kejadian letusan gunung tambora yang dahsat ,sehingga ketika itu banyak kerusakan alam dan korban manusia.

“Acara Ndiha Nanga ini harus kita adakan sebagai rasa syukur dan doa memohon keselamatan pada Allah SWT,” pungkasnya.(Sumantri)

error: Content is protected !!