News  

Diduga Rambah Hutan, IB Asal Desa Woro Ditangkap

Bima, Lintasrakyatntbnews.com – Seorang warga asal Desa Woro, Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat berinisial IB ditangkap oleh Satuan Tugas (Satgas) operasi Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan (P3H) dan Gakkum Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) NTB.

 

Pria berusia 45 tahun itu ditangkap di kawasan hutan Balai Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Madapangga Rompu- Wawarada Sila- Bima pada Sabtu (11/9/2021) sekitar pukul 12.00 WITA siang.

 

Mantan calon Kepala Desa Woro tahun 2013 lalu itu ditangkap karena diduga kuat  menebang pohon/ merambah dan membakar hutan tutupan negara Oi Mbai (Air Busuk).

 

Berdasarkan keterangan Kasi Penegakan Hukum Dinas LHK Provinsi NTB Astan Wirya, Minggu (13/9), terduga pelaku tengah menjalani proses hukum.

 

“Ya, IB sedang didalami dengan pemeriksaan saksi- saksi,” ungkap Kasi.

 

Dia menyebut, terduga pelaku diproses dengan undang- undang tindak pidana kehutanan (TIPIHUT). Berawal Polisi Kehutanan- Pengamanan Hutan (Pamhut) dipimpin Kepala Seksi Perlindungan dan KSDAE Syahrul bersama TNI- Polri dari Babinsa- Bhabinkamtibmas berpatroli rutin operasi Pengamanan Hutan.

 

Patroli dalam upaya pemberantasan dan perusakan hutan guna penanggulangan penerbangan liar dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan dalam kawasan hutan tutupan negara RTK.65 Kelompok Hutan Toffo Rompu, wilayah administrasi Kabupaten Bima.

 

“Kini terduga pelaku dan sejumlah barang- buktinya,  kami amankan untuk proses lebih lanjut,” pungkas Wirya. (Habe)

error: Content is protected !!